Pangandaran Akan Bangun Lima Lumbung Padi Senilai Rp5 Miliar

lumbung padi pangandaran
Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Pangandaran Dedi Surachman. Lima Gapoktan akan membangun lumbung padi di tahun 2022. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Pemkab Pangandaran melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan akan membangun infrastruktur penunjang ketahanan pangan berbentuk lumbung padi di tahun 2022.

Ada lima Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang akan menerima anggaran senilai Rp5 miliar. Dengan masing-masing kelompok mendapat Rp1 miliar.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Pangandaran Dedi Surachman mengatakan, anggaran untuk pembangunan lumbung padi (leuit) bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Tinggal nunggu anggaran turun. Untuk pengerjaan dilakukan secara swakelola, tanpa pihak ketiga. Saya yakin, Gapoktan ini mampu mengelolanya,” kata Dedi, Jumat (18/2/2022).

Sebelumnya, pihaknya mengusulkan sebanyak enam Gapoktan untuk pembangunan leuit. Namun yang pantas mendapatkan hanya lima kelompok.

Baca juga:  Diinisiasi IFI, RSUD Pandega Pangandaran Gelar Aksi Skrining Fisioterapis terhadap Lansia

“Syarat untuk mendirikan lumbung padi itu di antaranya ada lahan yang bersertifikat dan sudah diverifikasi. Jadi yang lima kelompok itu sudah dilakukan,” tuturnya.