Pembangunan Tugu Nol Kilometer Pangandaran Tahap Pembahasan

Pembangunan Tugu Nol Kilometer Pangandaran Tahap Pembahasan
Sekda Pangandaran Kusdiana. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Rencana pembangunan tugu nol kilometer Pangandaran dalam tahap pembahasan Pemkab Pangandaran.

Penanda letak geografis suatu wilayah itu akan dibangun di kawasan Pantai Batukaras, Kecamatan Cijulang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pangandaran Kusdiana mengatakan, alasan Batukaras dipilih sebagai titik nol kilometer Pangandaran, karena letaknya yang strategis.

Ada di tengah-tengah dari beberapa objek wisata yang ada di Pangandaran.

“Ke Pantai Madasari dekat, ke Green Canyon hanya beberapa kilometer, jarak ke Pantai Pangandaran juga 57 menitan.”

“Ke Bandara Nusawiru dan Terminal tipe A juga nanti sangat dekat,” kata Kusdiana, Kamis 15 September 2022.

Kusdiana menuturkan, dorongan pembuatan tugu nol kilometer Pangandaran datang dari para komunitas dan klub motor di Jawa Barat. Terlebih, beberapa kalangan dari masyarakat pun turut mendukung.

Baca juga:  Pangandaran Raih Juara II pada Ajang Pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2023

Sebelumnya, pihaknya sempat diskusi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jabar di Pangandaran, bahwa setiap daerah di Jabar harus mempunyai titik nol kilometer.

“Pangandaran ini kan daerah objek wisata, jadi harus memiliki lokasi yang bisa dikenang. Ibaratnya kalau belum ke titik nol kilometer itu sama dengan belum ke Pangandaran,” tuturnya.

Kusdiana menyebutkan, rencana pembangunan tugu nol kilometer Pangandaran dianggarkan pada tahun 2023. Namun pengerjaannya akan dilakukan secara swadaya.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Desa Batukaras untuk membicarakan ini bersama warga setempat. Jadi nanti itu tidak hanya sebuah tugu, tapi harus menjadi tempat yang nyaman dan menarik,” sebutnya.