Penerbangan Perdana Susi Air Pangandaran-Bandung-Jakarta Diresmikan di Bandara Husein Sastranegara

Penerbangan perdana Susi Air Pangandaran-Bandung-Jakarta diresmikan di Gedung Terminal Bandar Udara (Bandara) Husein Sastranegara, Bandung. Jumat 5 Januari 2024. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Penerbangan perdana Susi Air Pangandaran-Bandung-Jakarta diresmikan di Gedung Terminal Bandar Udara (Bandara) Husein Sastranegara, Bandung pada Jumat 5 Januari 2024.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, ada dua segmentasi dengan telah dibukanya penerbangan Pangandaran-Bandung-Jakarta oleh Maskapai Susi Air.

“Segmen pertama kita bisa menarik pengunjung wisata kelas menengah ke atas, maka aksesibilitas harus lebih cepat dan mudah,” kata Jeje.

Segmen yang kedua, dibukanya penerbangan baru menjadi bagian dalam rangka mempercepat arus koordinasi antara Pemkab Pangandaran dengan Pemprov Jawa Barat.

“Dengan naik pesawat saya kan bisa bolak balik dari Pangandaran ke Bandung, jadi bisa membantu. Begitu juga dengan warga Bandung yang ingin makan lobster bisa datang ke Pangandaran, siangnya bisa pulang lagi,” ujarnya.

Menurutnya, alasan wisatawan kelas menengah ke atas pengennya ke Bali lantaran naik pesawat. Sehingga bisa lebih cepat dan mudah. Padahal jika dari Pangandaran ke Bali saja hanya satu jam.

“Jadi dengan penerbangan ini bisa lebih cepat dan mudah dan segmentasi itu bisa terlaksana. Kita juga kan sedang penataan kawasan wisata, seperti Pantai Madasari menjadi tempat pariwisata premium di Pangandaran,” tuturnya.

Baca juga:  Jejak Manusia Purba di Pangandaran

Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Buka Rute Baru

Sementara itu, Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Bandung R Indra Crisna Seputra menyebutkan, pada tahun 2019 pernah mencapai 80 pergerakan pesawat dengan jumlah penumpang 10 ribu per harinya sebelum masa pandemi.

“Tetapi setelah pandemi mengalami penurunan dan sebelum rute penerbangan ke Bandara Kertajati, penumpang dan pesawat tumbuh kembali sampai 4 ribu per harinya,” kata Indra.

Namun, dikarenakan sudah ada regulasi dari pemerintah, bahwa untuk jenis pesawat Jet harus pindah ke Bandara Kertajati yang telah ditentukan dengan 7 rute.

“Sekarang bagaimana Bandara Husein Sastranegara ini tetap eksis, akhirnya membuka rute baru. Kalau saya menyatakan rute destinasi wisata,” ujarnya.

Karena, kata Indra, pihaknya merasakan selama dinas di (Husein Sastranegara) Bandung, Jawa Barat sangat luar biasa pariwisatanya.

“Destinasi wisata di Bandung juga sangat luar biasa, terbukti dalam sehari pernah melayani 9 kali rute penerbangan Bandung ke Denpasar Bali. Dan paling sedikit sebanyak 4 kali,” ucapnya.

Baca juga:  Sampah Wisatawan di Pantai Pangandaran Dibersihkan Orang Lokal di Akhir Libur Lebaran

Dengan begitu, pihaknya ingin membuktikan kembali dan mengajak masyarakat, bahwa sudah ada transportasinya (Susi Air) dan tinggal memanfaatkan untuk destinasi ke Pangandaran.

“Saya sudah mengecek langsung ternyata wisata di Pangandaran sangat luar biasa. Kami berharap transportasi yang sudah diresmikan ini dimaksimalkan untuk menyebarluaskan destinasi di Jawa Barat,” terangnya.

Indra mengatakan, bahwa Angkasa Pura sangat mendukung program pariwisata dengan dibuktikan telah dibukanya penerbangan Susi Air Pangandaran-Bandung-Jakarta.

Susi Air Berharap Penerbangan Rute Baru Berdampak Positif

Sementara itu, Direktur Susi Air Nadine Pascale Kaiser menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu membuka penerbangan Susi Air dengan rute Pangandaran-Bandung-Bandung.

“Khususnya kepada Angkasa Pura II, Danlanud Husein Sastranegara serta Kadis Pariwisata Jawa Barat Pak Benny Bachtiar. Tentunya ini juga berkat dukungan dari pemerintah dan masyarakat kepada Susi Air,” kata Nadine.

Nadine berharap, dengan dibukanya penerbangan ini dapat membawa dampak positif dengan meningkatnya jumlah wisatawan dan menghidupkan wisata lokal, mempermudah mobilitas dan pertukaran antar wilayah.

Baca juga:  Warga Minta Aktivitas Galian C Ilegal Diberhentikan, Bapenda Pangandaran Tunggu Aksi Polres

“Dan bisa memperkuat daya tarik ekonomi di komunitas yang terhubung dengan layanan terbang kami dan bisa bermanfaat bagi kita semua,” ucapnya.

Peresmian tersebut ditandai dengan gunting pita oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Kadis Perhubungan Jawa Barat Koswara, Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Ardi Syahri.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandar Udara Husein Sastranegara R Indra Crisna Seputra dan Direktur Susi Air Nadine Pascale Kaiser.

Hadir pula, Kadis Pariwisata Jabar Benny Bachtiar, Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan, Sekda Pangandaran Kusdiana, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran Tonton Guntari.

Kemudian, Kadis Perhubungan Pangandaran Irwansyah, Sekretaris Bappeda Pangandaran Asep Suhendar, Ketua Asita Jabar Budijanto Ardiansyah, Ketua PHRI Jabar Herman Muchtar dan Ketua BPC PHRI Pangandaran Agus Mulyana serta Kepala UPTD PJK Nusawiru Denny Framaja dan Kepala Bandara Nusawiru Hendra Gunawan.