Penuhi Kebutuhan Masyarakat, Klinik Medical Check Up Tersedia di RSUD Pandega Pangandaran

Direktur RSUD Pandega Pangandaran Dr. dr Hj. Titi Sutiamah, MM saat menerangkan pentingnya melakukan medical check up. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat yang sadar akan kesehatan, RSUD Pandega Pangandaran menyediakan medical check up atau MCU.

Direktur RSUD Pandega Pangandaran Dr. dr Hj. Titi Sutiamah, MM mengatakan, medical check up merupakan pemeriksaan kesehatan menyeluruh pada bagian tubuh seseorang.

“Manfaatnya banyak. Medical check up ini bertujuan untuk mengetahui status kesehatan seseorang, bukan untuk mendiagnosis gejala atau mengobati penyakit,” kata Titi, Senin 27 Februari 2023.

Menurutnya, ada beberapa pilihan paket untuk melakukan medical check up yang nantinya bisa dipilih oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

“Jenis dan lingkup pemeriksaan medical check up ini bervariasi, tergantung keperluan dan permintaan orang tersebut,” ujarnya.

Baca juga:  Buruh: Pemerintah Tak Bisa Tetapkan UMP 2022

Titi menuturkan, MCU pada umumnya bertujuan sebagai deteksi dini apabila ada masalah kesehatan yang belum menunjukkan gejala. Terutama pada penyakit jantung, fungsi hati, fungsi ginjal, gula darah, kolesterol dan lain sebagainya.

“Jadi dapat terdeteksi sedini mungkin, sehingga bisa diintervensi lebih cepat. Dilakukannya melalui pemeriksaan lab setelah melewati pemeriksaan fisik umum,” tuturnya.

Selain itu, kata Titi, ada pemeriksaan penunjang. Seperti rekam jantung, radiologi, semua sesuai dengan kebutuhan pasien.

“Dari hasil yang didapatkan nantinya akan bisa menilai atau menggambarkan kondisi tubuh seseorang melalui nilai yang dihasilkan,” ucapnya.

Titi menerangkan, sebelum melakukan MCU ada beberapa persiapan. Seperti pasien dianjurkan puasa selama 10-12 jam, sebelum pengambilan sample darah, terutama dalam pemeriksaan lemak darah, kolesterol total, trigliserida dan asam urat.

Baca juga:  Coklat Kita Napak Jagat Pasundan Kolaborasi dengan Seniman Lokal Pangandaran

“Medical check up dapat dilakukan pada saat mengalami gejala sakit atau sebagai bentuk langkah preventif. Kami berharap pasien dapat melakukan pencegahan maupun pengobatan sedini mungkin,” terangnya.

Medical Check Up di RSUD Pandega Terbuka untuk Umum

Dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, kata Titi, dapat memotivasi untuk mencanangkan gaya hidup sehat dan menjaga asupan makanan yang dikonsumsi.

“MCU ini tidak hanya sebatas bagi para pekerja kantoran, pemerintah daerah, swasta maupun pejabat. Tapi ini terbuka untuk mahasiswa, pelajar serta masyarakat umum lainnya,” jelasnya.

Titi menyarankan, kepada masyarakat untuk rutin melakukan medical check up setidaknya satu tahun sekali. Untuk dapat mendeteksi kelainan pada tubuh supaya nantinya bisa segera ditangani.

Baca juga:  Pantai Karapyak Pangandaran Sepi Pengunjung Sejak Harga Tiket Masuk Naik

“Klinik MCU RSUD Pandega melayani pemeriksaan setiap hari pada jam kerja. Pasien bisa datang langsung untuk melakukan pendaftaran,” sebutnya.