Perayaan 50th Golden Memorial Wingday 2023 dan 33th HDCI Digelar di Pangandaran

Ketua HDCI Bandung Glenarto di lokasi perayaan 50th Golden Memorial Wingday 2023 dan 33th HDCI di Pangandaran. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Perayaan 50th Golden Memorial Wingday 2023 dan 33th Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) digelar di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada 26-27 Mei 2023.

Hari ini, Jumat 26 Mei 2023, jalan raya nasional diramaikan oleh ribuan pengguna motor gede (moge) dari HDCI yang melakukan perjalanan dari Bandung ke Pangandaran.

Gedung Sate Kota Bandung, jadi titik pemberangkatan ribuan moge yang bakal menghadiri 50th Golden Wingday 2023 yang sekaligus merayakan hari jadi HDCI ke-33.

Humas HDCI Bandung Ichwan mengatakan, rombongan yang masuk ke Pangandaran ada 250 peserta dari data group. Dan dibagi menjadi 25 rombongan.

“Jadi kami tidak sekaligus berangkat, karena kasihan juga kan pengguna jalan lain. Dalam berkendara para pemoge sudah sesuai aturan lalu lintas. Ada batas maksimum di jalan nasional, kabupaten dan provinsi,” kata Ichwan, Jumat 26 Mei 2023, sore.

Baca juga:  Sampah di Pantai Pangandaran Jadi Masalah Serius, Ketua DPRD Minta Ini

Bahkan, pada setiap rangkaian dikawal oleh pihak kepolisian dan ada road captain, safety officer. Artinya, para pengendara tidak sembarangan dalam memacu kecepatannya.

“Untuk rombongan Harley Davidson Classic Rally dari HDCI tiba secara bergantian di Pangandaran. Mereka tiba jam 16.00 WIB. Kalau ada yang lebih dari itu berarti ada yang trouble,” ujarnya.

Harley Davidson Classic Rally sendiri, kata Ichwan, kebanyakan motor tua dengan kecepatan standar. Yang penting para peserta itu finish dan selamat sampai tujuan.

Untuk diketahui, Wingday merupakan acara besar yang bersejarah di kawasan Asia dan jadi kebanggaan Indonesia untuk dunia.

Karena tidak hanya dihadiri oleh penggemar Harley Davidson dari Indonesia, tapi juga dari Asia, Australia, Eropa dan Amerika.

Kegiatan Wingday pertama kali dilaksanakan pada tahun 1973. Kemudian berlanjut menjadi agenda rutin yang diselenggarakan lima tahunan oleh HDCI Bandung.

Baca juga:  CEK FAKTA: Air Laut Pantai Pangandaran Surut Usai Gempa Cianjur

Rangkaian Kegiatan 50th Golden Memorial Wingday 2023 dan 33th HDCI

Ketua HDCI Bandung Glenarto menyampaikan, perayaan 50th Golden Memorial Wingday 2023 diisi dengan serangkaian kegiatan yang diikuti para penggemar motor Harley Davidson. Salah satunya adalah Harley Davidson Classic Rally.

“Pesertanya adalah mereka yang menggunakan Harley Davidson klasik keluaran pabrik 1940-an dan batas maksimal keluaran pabrik tahun 1984,” kata Glenarto, Jumat 26 Mei 2023, malam.

Titik start Harley Davidson Classic Rally ditentukan untuk wilayah barat di Gedung Sate, Kota Bandung, sebanyak 140 orang. Dan titik start HD Classic Rally ditentukan untuk wilayah timur di Magelang, Jawa Tengah, sebanyak 94 peserta.

“Di akhir perjalanan, para peserta rally akan diberikan wing berlapis emas. Wing Kehormatan yang berbentuk pin berlapis emas hanya diberikan kepada peserta rally yang terdaftar dan menyelesaikan seluruh rangkaian perjalanan dari tempat start sampai garis akhir di Pangandaran,” terangnya.

Baca juga:  Soal Minyak Goreng, Pangandaran Targetkan Teratasi Sebelum Ramadan

Selain Harley Davidson Rally Classic, ada pula Gentleman Race, yaitu balap motor Harley Davidson Classic di atas pasir Pantai Pangandaran. Terakhir, diadakan juga Drag Race Harley Davidson di sepanjang jalan pintu keluar kawasan Pantai Pangandaran.

“Lokasi kegiatan ini terpusat di wilayah Kampung Turis Pangandaran. Kami perkirakan yang hadir ini ada sekitar 4.000 bikers. Di dalam lokasi ini hadir juga UMKM produk unggulan warga Pangandaran,” ucapnya.

Glenarto berharap, Wingday bisa lestari sampai anak cucu dan HDCI menjadi tonggak sejarah hobi motor klasik. Selain itu, pihaknya pun berharap kegiatan ini memberikan efek dan manfaat bagi masyarakat.