Peringati Hari TBC Sedunia 2023, RSUD Pandega Pangandaran Gelar Edukasi Kesehatan

RSUD Pandega Pangandaran menggelar edukasi kesehatan dalam rangka memperingati hari TBC sedunia 2023. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Dalam rangka memperingati hari tuberkulosis atau TBC sedunia, Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Pandega Pangandaran menggelar acara edukasi kesehatan, 24 Maret 2023.

Edukasi dengan tema nasional ‘Ayo Bersama Akhiri TBC, Indonesia Bisa’ itu dilaksanakan di ruang tunggu poliklinik lantai tiga rumah sakit dengan sasaran pasien dan keluarga pasien.

Dokter spesialis anak RSUD Pandega Pangandaran dr Galuhafiar Puratmaja, Sp.A mengatakan, TBC bisa disembuhkan dengan minum obat teratur dan melakukan pengobatan secara tuntas.

“Kalau sudah terlihat ada gejala TBC, segera bawa ke dokter, klinik, rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya,” kata Galuhafiar.

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini, pasien dan keluarga pasien yang berobat memperoleh pengetahuan mengenai TBC, khususnya TBC pada anak.

Baca juga:  Jam Besuk RSUD Pandega Pangandaran Terbaru

“Kita harus bisa pastikan kalau anak-anak di Indonesia mendapatkan pengobatan dan pencegahan TBC yang baik dan benar,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Pandega Pangandaran Dr. dr. Hj. Titi Sutiamah, M. M menyambut baik kegiatan edukasi kesehatan yang dilakukan serempak di seluruh Indonesia ini.

“Indonesia memang berada pada jumlah kasus TBC terbanyak, maka dari itu dalam rangka hari TBC ini, mari temukan TBC, lalu kita obati sampai sembuh,” kata Titi.

Hal tersebut, kata Titi, diharapkan dapat mewujudkan Indonesia bebas dari TBC menuju eliminasi TBC pada tahun 2030. Dan bisa menurunkan angka kasus tuberkulosis ini.

Titi menambahkan, dalam upaya mendukung program pemerintah dalam menangani tuberkulosis, saat ini RSUD Pandega memiliki klinik DOTS atau Directly Observed Treatment Short-course.

Baca juga:  Ketersediaan Komoditas di Pasar Tradisional Pangandaran Aman

“Kalau dirasa sudah timbul gejala, masyarakat bisa langsung melakukan pendaftaran mulai jam 07.30-10.00 WIB ke klinik DOTS yang buka setiap hari Senin-Kamis,” tambahnya.