RSUD Pandega Pangandaran Dilengkapi Tempat Bermain Anak

RSUD Pandega Pangandaran dilengkapi tempat bermain anak. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Pandega Pangandaran terus berupaya memberikan kontribusi yang maksimal dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Salah satunya adalah penyediaan tempat bermain anak, khususnya di instalasi rawat jalan. Ruang bermain anak di RSUD Pandega itu terletak di Gedung A lantai 3, tepatnya di samping Klinik Gigi bersebrangan langsung dengan Klinik Anak.

Direktur RSUD Pandega Pangandaran, Dr. dr. hj. Titi Sutiamah, M.M mengatakan, orang tua pasien yang akan membawa anaknya berobat ke rumah sakit tak perlu khawatir.

“Kami sudah menyediakan fasilitas tempat bermain yang diperuntukkan bagi pasien anak selama menunggu antrean di poli klinik,” kata Titi, Kamis 30 Maret 2023.

Baca juga:  Sampah di TPA Purbahayu Pangandaran Mulai Menggunung, Warga Tak Nyaman

Titi menuturkan, ruang bermain anak ini dirintis pada September 2022 lalu dan akan terus dikembangkan. Ruangan itu dilengkapi bermacam-macam jenis permainan.

Seperti seluncuran, bola-bola, kuda-kudaan, puzzle hingga stiker-stiker animasi yang disukai oleh anak-anak.

“Kami menyediakan fasilitas itu untuk digunakan, khususnya bagi pengunjung RSUD Pandega yang akan berobat ke klinik anak,” tuturnya.

Adanya ruang bermain anak ini, kata Titi, merupakan hasil tindaklanjut saran dari beberapa pengunjung mengenai penambahan sarana prasarana ruang bermain anak.

Bentuk Dukungan kepada Pemkab sebagai Kabupaten Layak Anak

Selain itu, adanya fasilitas tersebut sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran sebagai kabupaten layak anak.

“Memang ada aturan yang melarang anak sehat usia di bawah 12 tahun dilarang memasuki area perawatan rumah sakit,” ujarnya.

Baca juga:  Badan Anggaran DPRD Pangandaran Laporkan Hasil Pembahasan Perubahan APBD 2022

Hal itu dikarenakan, di usia tersebut anak masih rentan terpapar oleh virus dan bakteri penyebab penyakit. Karena sistem imun atau pertahanan tubuhnya masih sangat rendah.

“Adanya tempat bermain ini bisa mereka tempati sementara untuk menunggu panggilan antrean. Sehingga tidak tercampur dengan pasien dewasa lainnya,” ucapnya.

Titi menambahkan, hal itu pun bisa mengurangi interaksi langsung antara anak yang rentan terhadap penyakit dengan pasien yang bisa menularkan virus penyakit di poli klinik.

“Ruang bermain ini digunakan sebagai ruang tunggu untuk anak yang kebetulan datang untuk berobat. Sehingga anak-anak bisa bermain sambil menunggu pelayanan agar tidak cepat bosan,” tambahnya.

Titi menyebutkan, area tersebut tentu didesain sesuai dengan karakter anak-anak dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sehingga membuat anak merasa nyaman.

Baca juga:  DPRD Pangandaran Terus Optimalisasi Fungsi JDIH

“Alhamdulillah, fasilitas ini disambut baik oleh pasien yang datang. Orang tua bisa sambil menunggu antrean di sana bersama anaknya. Jadi Anak bisa senang dan nyaman,” sebutnya.