Sampah di Laut Pangandaran Sulit Diatasi

Sampah dari laut Pangandaran tampak berserakan di pesisir pantai.

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mengaku kesulitan mengatasi sampah di laut.

Kabid Pengelolaan Sampah Limbah dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup di DLHK Pangandaran Wagiso mengatakan, sampah yang ada di lautan Pangandaran merupakan kiriman dari Sungai Citanduy.

“Sampah-sampah yang dibuang oleh masyarakat otomatis terbawa hingga ke laut Pangandaran,” kata Wagiso, Sabtu 17 Desember 2022.

Selain sampah plastik, material kayu dan jenis sampah lainya pun banyak mengambang di laut Pangandaran. Bahkan di tepian pantai sudah tak aneh lagi jika banyak sampah berserakan.

“Setiap minggu kami selalu melaksanakan opsih di Pantai Pangandaran. Sampah yang dihasilkan bisa mencapai 15 dump truk,” ujarnya.

Baca juga:  Gempa Pangandaran Rabu Pagi Tidak Berpotensi Tsunami, Ayo Jangan Takut Liburan ke Pantai

Wagiso menyebutkan, pihaknya sudah meminta kepada para nelayan untuk membereskan sampah (tercecer) agar mudah diangkut oleh petugas lingkungan hidup.

“Kiriman sampah dari Sungai Citanduy memang sulit diatasi, kecuali jika di hulunya dipasang jaring besar. Tapi itu juga sulit dilakukan. Solusinya ada di masyarakat sendiri, harus sadar buang sampah,” sebutnya.