Gedung BLUD Puskesmas Sindangwangi Diresmikan, Bupati Pangandaran: Bentuk Keseriusan Pemkab

puskesmas sindangwangi
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata meresmikan gebudng baru BLUD Puskesmas Sindangwangi. doc humas

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Gedung baru Badan Layanan Umun Daerah (BLUD) Puskesmas Sindangwangi di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, diresmikan, Kamis (23/6/2022).

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, pembangunan gedung baru tersebut merupakan bentuk keseriusan dan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran di bidang kesehatan.

Bahkan, kata Jeje, Pemkab menargetkan seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Pangandaran akan dilakukan renovasi dan perbaikan manajemen.

“Pembangunan gedung baru BLUD Puskesmas Sindangwangi ini dilakukan sejak Agustus 2021 dan rampung pada Desember 2021. Dan hari ini kita resmikan,” kata Jeje dalam sambutannya.

Jeje menuturkan, dengan adanya bangunan sarana kesehatan seperti puskesmas yang baik dan representatif diharapkan dapat memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pangandaran.

Baca juga:  Realisasi PAD Pajak 2021 di Pangandaran Tak Capai Target

“Sekarang Puskesmas Sindangwangi ini memiliki ruang tunggu pasien, ruang pendaftaran, ruang pemeriksaan dokter, ruang fisioterapi, ruang farmasi, KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), ruang laboratorium dan ruang Laktasi,” tuturnya.

Kemudian, kata Jeje, untuk di lantai duanya terdapat aula, KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi), musala, ruang kepala puskesmas, ruang kepala tata usaha dan ruang admin.

“Bidang kesehatan ini merupakan salah satu fokus utama dan prioritas di masa kepemimpinan saya sebagai bupati dan pak wabup Ujang Endin Indrawan,” ujarnya.

Diakuinya, selama kepemimpinannya telah merealisasikan sesuai dengan visi misi Indonesia Maju dan Pangandaran Juara.

Selain penanganan Covid-19 dan vaksinasi, kata Jeje, isu nasional terkait stunting pun merupakan masalah yang menjadi tantangan dan harus secepatnya ditangani. Dalam rangka perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di masa mendatang.

Baca juga:  25% Penduduk Pangandaran Belum Memiliki Akta Kelahiran

Jeje menyebutkan, adanya perbaikan sarana dan prasarana Puskesmas Sindangwangi diharapkan dapat memudahkan masyarakat setempat dalam menjangkau dan mengakses sarana kesehatan yang berkualitas.

“Kami minta dan berpesan, sarana gedung yang bagus ini harus diiringi dengan perbaikan kualitas layanan yang diberikan oleh oleh tenaga kesehatan di Puskesmas Sindangwangi,” sebutnya.

BLUD Puskesmas Sindangwangi Jadi Tantangan untuk Memberikan Layanan yang Berkualitas

Di tempat yang sama, Kepala Puskesmas Sindangwangi Suharto menyampaikan, dengan diresmikannya gedung baru BLUD ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan di bidang kesehatan dalam rangka menuju Pangandaran Juara.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemkab Pangandaran. Dengan adanya perbaikan sarana gedung baru ini tentu merupakan sebuah harapan bersama dalam rangka perbaikan pelayanan di bidang kesehatan,” kata Suharto.

Baca juga:  Positif Covid-19 di Pangandaran 155 Kasus, Meninggal Dunia 1 Orang

Pembangunan gedung baru BLUD Puskesmas Sindangwangi, kata Suharto, menjadi tantangan untuk terus mengabdi dan memberikan layanan yang berkualitas untuk masyarakat.

“Kami akan memicu tenaga kesehatan untuk bekerja lebih optimal dalam menyelesaikan masalah-masalah kesehatan. Seperti stunting dan pengendalian penyakit tidak menular seperti yang disampaikan oleh pak bupati,” terangnya.

Suharto berharap, pihak pengelola dapat bersinergi dengan masyarakat dan seandainya ada hal-hal yang kurang berkenan dalam pelayanan dapat disampaikan langsung untuk segera dilakukan perbaikan.

Editor: R002