GP Ansor Kota Banjar Gelar Haul ke-12 Gus Dur di Pangandaran

gp ansor
PC GP Ansor Kota Banjar menggelar Haul ke-12 Gus Dur di Pangandaran. ist/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda atau PC GP Ansor Kota Banjar, Jawa Barat, menggelar Haul ke-12 Gus Dur di Hotel Bintang Timur Desa/Kecamatan/Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan sekaligus doa bersama awal tahun 2022 itu juga dihadiri oleh Kabag Kesra Sekretariat Daerah Pangandaran Agus Amsar dan perwakilan PC GP Ansor Pangandaran, Sabtu (15/1/2022) malam.

Ketua PC GP Ansor Kota Banjar Supriyanto mengatakan, bahwa toleransi beragama itu merupakan ajaran KH Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

Hal tersebut berawal dari satu pemikiran bahwa bangsa Indonesia didirikan dan dibangun oleh berbagai kelompok. Demikian pemikiran Gus Dur.

“Dan kami sebagai Ansor, Banser, berkewajiban memelihara ideologi itu. Dengan mempertahankan prinsip bertoleransi antar umat beragama dalam bernegara,” kata Supriyanto.

Baca juga:  Badan Anggaran DPRD Pangandaran Laporkan Hasil Pembahasan Perubahan APBD 2022

Terkait misi besar Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), kata Supriyanto, yakni untuk mewujudkan kembalinya ajaran Gus Dur.

“Kami bagian dari anak NU tentu saja berupaya bagaimana ide-ide besar dan ideologi Gus Dur bisa ditransformasikan di tiap daerah,” ujarnya.

Pemkot Banjar dan Pemkab Pangandaran Apresiasi Kegiatan GP Ansor

Di tempat yang sama, Wakil Ketua 1 DPRD Kota Banjar Fraksi PDI Perjuangan Tri Pamuji Rudianto mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Pemkot dan DPRD Kota Banjar menanggapi positif gagasan GP Ansor ini dalam memperingati Haul ke-12 Gus Dur di Pangandaran,” tuturnya.

Menurutnya, tak sedikit hal yang harus atau patut diteladani dari sosok seorang KH Abdurrahman Wahid.

Baca juga:  Vaksinasi Anak SD di Pangandaran Ditinjau Polres Ciamis

“Di mana, dalam berkehidupan sosial dan beragama menjadi sebuah nilai-nilai yang kita junjung tinggi. Sesuai dengan nilai-nilai yang tertuang dalam dasar negara kita, yaitu Pancasila,” terangnya.

Tri menambahkan, hal tersebut sebuah implementasi nyata sebagai bangsa Indonesia. Harus membesarkan dan mengarahkan energi untuk menjaga persatuan.

“Karena dengan persatuan inilah kita akan mempunyai kehidupan ideal dalam kerukunan,” tambahnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Pangandaran Agus Amsar pun mengapresiasi atas kegiatan yang digelar GP Ansor Banjar dalam menjaga toleransi beragama.

“Apalagi ini kegiatannya dilaksanakan di tempat milik kelompok agama lain. Kami akan menyebarkan kepada FKUB dan organisasi keislaman supaya kegiatan toleransi beragama ini bisa diteladani,” sebutnya.

Baca juga:  Menilik Target Penerimaan Pajak Rp92,2 Miliar di Pangandaran

Editor: R002