HMI Komisariat Pangandaran Buka Usaha Catering

Catering produk HMI Komisariat Pangandaran.

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI Komisariat Pangandaran melakukan terobosan baru dengan membuka usaha catering.

Usaha catering tersebut merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan kader Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI Komisariat Pangandaran.

Ketua Bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Profesi atau KPP HMI Komisariat Pangandaran Rifal Mujahid mengatakan, usaha catering yang digagas merupakan penyaluran talenta dan bakat serta minat para kader.

“Banyak kader HMI Pangandaran yang tertarik menjadi pengusaha. Maka kami sepakat untuk berspekulasi menguji nyali dan potensi diri,” kata Rifal, Rabu 6 September 2023.

Menurutnya, tradisi kawan-kawan HMI Pangandaran setiap hari beraktivitas mengasah otak dengan cara berdiskusi dan menggagas wacana untuk melatih kepribadian yang memiliki nilai akademis.

Baca juga:  Petugas Kantor Pos di Pangandaran Salurkan BST ke Penerima yang Sakit

Selain itu, ketika kawan-kawan HMI Pangandaran memenuhi kebutuhan hidup setiap hari dengan memasak di Sekretariat.

“Setiap masakan yang kita santap setelah selesai makan bersama selalu dievaluasi dan dijadikan bahan diskusi. Maka hasil diskusi itu diimplementasikan pada sesi masak selanjutnya,” ujarnya.

Rifal menuturkan, sebagai kalangan muda yang masih mengenyam pendidikan di kampus, HMI Pangandaran memiliki prinsip bagaimana caranya terjadi perubahan dalam hidup. Maka salah satunya harus keluar dari zona nyaman.

“Kami memiliki banyak senior yang tersebar di berbagai profesi. Akhirnya sepakat untuk membangun usaha catering dan senior fokus mencari pesanan dan permodalan,” tuturnya.

Rifal menerangkan, HMI Komisariat Pangandaran dalam usaha catering ini juga mengajak tetangga di lingkungan Sekretariat yang sudah terbiasa menjadi tukang masak di hajatan.

Baca juga:  Bupati Jeje Lantik Sejumlah Pejabat di Pemkab Pangandaran

“Karena pengerjaan melibatkan profesional yang berpengalaman. Soal rasa dan sajian siap bersaing dengan pelaku usaha catering yang sudah berdiri,” terangnya.

Bentuk Pemberdayaan Kader di Bidang Kewirausahaan

Sementara itu, Ketua HMI Komisariat Pangandaran Acep Rifki Padilah mengatakan, usaha yang dilakukan ini adalah salah satu bentuk pemberdayaan kader dalam bidang kewirausahaan.

Meskipun sekarang menjalankan usaha catering, HMI Pangandaran terus konsisten dalam melakukan kajian-kajian keilmuan.

“Sebagaimana status kami adalah organisasi mahasiswa dan perannya sebagai organisasi perjuangan,” kata Acep.

Acep menambahkan, HMI akan terus berupaya untuk mengoptimalisasikan bidang-bidang yang ada. Sebagaimana Bidang KPP sudah memulai usaha dengan catering.

Untuk bidang lain, seperti Bidang Pengembangan, Penelitian dan Pembinaan Anggota atau P3A, Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Kepemudaan atau PTKP, Bidang Pemberdayaan Perempuan atau PP akan dicoba dioptimalkan program kerjanya.

Baca juga:  Pasien RSUD Pandega Pangandaran Berikan Hak Suara Pemilu 2024 Melalui TPS Mobile

“Kemudian kami akan terus melakukan kaderisasi untuk mewujudkan masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT sebagaimana tujuan HMI,” tambahnya.

Acep menyebutkan, usaha yang saat ini dilakukan oleh HMI Komisariat Pangandaran untuk melatih mental wirausaha para kader dan memfasilitasi kader yang bisa dan hobi memasak.

“Banyak sekali program-program yang diselenggarakan oleh pemerintah terkait sosialisasi wirausaha dan UMKM. Kini HMI mencoba mengimplementasikan hal itu melalui usaha catering,” sebutnya.