Kapal Pengangkut Migran Ilegal Tenggelam di Malaysia

kapal migran tenggelam
Ilustrasi kapal tenggelam.

BERITA NASIONAL, ruber.id – Kapal pengangkut migran ilegal tenggelam di perairan Johor, Malaysia bagian selatan, Rabu (15/12/2021) pagi.

Seperti dilansir AFP, Rabu (15/12/2021), penjaga pantai Malaysia melaporkan, sedikitnya 11 migran ilegal asal Indonesia tewas setelah kapal yang mengangkut mereka tenggelam.

Sekitar 27 migran lainnya hilang. Kapal yang diyakini membawa 60 migran ilegal itu tenggelam pada pagi hari. Disebut tenggelam akibat cuaca badai.

WNI yang mencari pekerjaan diketahui terkadang mencoba masuk ke wilayah Malaysia secara ilegal. Dengan menumpang kapal reyot dan kecelakaan cukup sering terjadi.

Kepala penjaga pantai Malaysia, Laksamana Mohamad Zubil Mat Som, menuturkan kepada AFP, bahwa para tentara yang berpatroli menemukan tujuh mayat pria dan empat mayat wanita di pantai.

Baca juga:  RSUD Pandega Pangandaran Dukung Pemilu 2024 dengan Layanan MCU Bagi Bacaleg

Sekitar 20 pria dan dua wanita lainnya, kata Mohamad Zubil, ditemukan dalam keadaan hidup. Setelah berenang ke pulau terdekat milik Indonesia. Dan mereka telah ditahan.

Puluhan orang lainnya dilaporkan masih hilang dan mereka diyakini tengah bersembunyi atau telah tenggelam di lautan.

Otoritas Malaysia mengerahkan sejumlah kapal dan sebuah pesawat untuk mencari keberadaan mereka.

“Kami sangat menyesalkan tragedi mematikan ini. Saya mendesak para migran untuk tidak masuk ke Malaysia secara ilegal,” imbau Mohamad Zubil.

Malaysia yang relatif makmur diketahui menjadi tempat tinggal jutaan migran dari negara-negara Asia lainnya yang lebih miskin.

Dengan banyak dari mereka tidak memiliki dokumen lengkap yang sah. Para migran itu diketahui bekerja di berbagai sektor industri, termasuk konstruksi dan pertanian.

Baca juga:  Kasus Kecelakaan Harley Davidson di Pangandaran Naik ke Tingkat Penyidikan

Editor: R002