Ketua DPRD Pangandaran Sebut Pemprov Jabar Perlu Dorong Percepatan Aktivasi Bandara Nusawiru

Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Pangandaran Asep Noordin menyebut Pemprov Jawa Barat (Jabar) perlu mendorong percepatan aktivasi Bandara Nusawiru di wilayah Kecamatan Cijulang.

Langkah tersebut sebagai upaya mempermudah aksesibilitas. Di mana, aktivasi Bandara Nusawiru menjadi harapan peningkatan kunjungan wisata ke Kabupaten Pangandaran.

Asep mengatakan, hingga saat ini pariwisata masih menjadi sektor unggulan Kabupaten Pangandaran dalam menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD). Maka berbagai strategi pun diperlukan untuk meningkatkan kunjungan wisata.

“Tentunya dengan menambah rute penerbangan, tidak hanya dari Bandung saja. Harus ada seperti Jakarta-Pangandaran atau Bali-Pangandaran. Dengan begitu, kunjungan wisata ke Pangandaran semakin meningkat,” kata Asep, Selasa 20 Juni 2023.

Baca juga:  Ungkapan Bupati Pangandaran Usai Hadiri Pelantikan PAC GP Ansor Langkaplancar

Asep menuturkan, peningkatan kunjungan akan sangat berdampak pada pendapat daerah. Maka pihaknya meminta pemerintah daerah dan provinsi untuk melobi maskapai penerbangan dengan menambah rute ke Pangandaran.

“Beberapa waktu lalu, ada kabar kalau Pemkab sudah melobi salah satu maskapai penerbangan supaya bisa membuka perjalanan ke Pangandaran. Tapi kami belum mengetahui progesnya seperti apa,” tuturnya.

Selain mengaktivasi Bandara Nusawiru, kata Asep, mengadakan event atraction (acara) pun bisa mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan. Yang biasanya datang satu kali, bisa datang dua sampai tiga kali dalam satu tahun.

“Karena kebanyakan wisatawan yang datang masih itu-itu saja. Sehingga, orang yang sudah biasa datang ke Pangandaran tidak akan merasa bosan. Jadi frekuensi kedatangannya yang ditambah,” ujarnya.

Baca juga:  Kasus ODGJ di Pangandaran Terus Meningkat, Nambah 2 Orang Tiap Bulan

Kemudian, Asep menyebutkan, rencananya di dekat Bandara Nusawiru akan dibangun Terminal Bus tipe A. Meski belum terlihat progresnya, keberadaan terminal diharapkan bisa terintegrasi dengan bandara. Sehingga wisatawan atau turis bisa mendapat kemudahan aksesibilitas.