Ngobatan Bayi Gumoh di RSUD Pandega Pangandaran Bareng Dokter Spesialis Anak

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – RSUD Pandega Pangandaran menggelar acara Ngobatan atau Ngobrol Bareng Seputar Kesehatan bersama dokter spesialis anak dr. Dyah Rahmawanti, Sp.A.

Kegiatan dengan tema ‘Bayi Gumoh, Bahayakah?’ itu dilaksanakan di ruang tunggu poliklinik lantai 3 Gedung A RSUD Pandega pada Kamis 14 Desember 2023.

Diketahui, gumoh adalah aliran balik susu atau cairan yang dikeluarkan melalui mulut dan berlangsung secara tidak disadari. Gumoh ini terjadi pada 80% bayi sehat berusia satu bulan hingga usia 12 bulan.

Gumoh memang umum terjadi pada bayi hingga usia 1 tahun. Asalkan bayi tidak menolak minum susu dan berat badan bayi mengalami kenaikan yang sesuai, gumoh ini tidak berbahaya.

Baca juga:  Sandiaga Uno Apresiasi Susi Air Jambore Aviation 2022 di Pangandaran

Gumoh terjadi akibat ukuran lambung bayi yang masih sangat kecil dan katup lambung yang belum kuat. Sehingga air susu yang sudah berada di dalam lambung dapat mengalir kembali ke mulut jika volume susu terlalu besar atau jika bayi langsung berbaring setelah minum.

Gumoh bisa terjadi juga saat bayi bersendawa atau terlalu banyak menelan udara.

Penanganan yang dapat diberikan saat bayi gumoh;

  1. Posisikan tidur bayi terlentang dengan sudut 45-60 derajat dengan alas tempat tidur dianjurkan bagi bayi gumoh berlebih.
  2. Disendawakan sesudah minum.

Gumoh akan berkurang dengan sendirinya dan menghilang saat bayi mencapai usia 18-24 bulan, yaitu saat ukuran lambung anak lebih besar dan katup lambung lebih kuat.

Baca juga:  Banjir Rendam 2 Rumah di Pangandaran

Gumoh dengan muntah tentu berbeda. Gumoh hanya mengeluarkan sedikit ASI sesaat setelah menyusu. Sedangkan muntah, mengeluarkan susu atau sisa makanan dengan jumlah yang banyak secara menyembur yang disertai dengan kontraksi otot perut bayi.

Area muntah lebih luas dan bisa terjadi kapan saja karena berbagai macam penyebab. Sebagian besar, muntah pada bayi adalah hal yang abnormal karena bisa saja muntah ini menjadi tanda gejala penyakit refluks (gastreosphageal reflux disease), sumbatan usus, infeksi telinga, infeksi usus, infeksi paru, radang otak dan lainnya.

Segera periksa ke dokter jika yang terjadi bukanlah gumoh melainkan muntah yang berlebih dan berkelanjutan. Pemeriksaan lebih lanjut bagi bayi yang muntah berlebih dapat dilakukan oleh dokter spesialis anak di RSUD Pandega buka setiap hari Senin sampai Sabtu.