Pangandaran Air Show 2023 Peringati Hari Penerbangan Nasional

Pangandaran Air Show 2023 berlangsung di Beach Strip, Pamugaran, Pantai Barat. ist/susi group media

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Festival Kedirgantaraan bertajuk ‘Pangandaran Air Show 2023’ Powered by Susi Air peringati Hari Penerbangan Nasional sekaligus merayakan Hari Jadi ke-11 Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan yang dilaksanakan di Susi International Beach Strip, Pamugaran, Pantai Barat Pangandaran, ini berlangsung pada 27-28 Oktober 2023. Joy Flight, aerobatic dan sky diving menjadi rangkaian Festival Kedirgantaraan tersebut.

Diketahui, kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya. Di mana, tahun sebelumnya Festival Kedirgantaraan ini diberi nama Susi Air Jambore Aviation (SAJA).

Tujuan Susi Air mengadakan kegiatan ini adalah mempresentasikan peringatan sejati terhadap daerah, negara dan industri penerbangan.

Maskapai ini telah melayani wilayah terdalam dan terjauh selama 19 tahun menggunakan pesawat kecil.

Susi Air berharap para pegiat penerbangan, baik itu professional maupun hobi, dapat bersama-sama merayakan kedigdayaan dirgantara Indonesia.

Beberapa perusahaan yang turut mendukung di antaranya, Pertamina, Bank Mandiri, Bank Artha Graha dan Pratt & Whitney Canada.

Kelompok Penerbang hingga Duta Besar Negara Hadir di Pangandaran Air Show 2023

Pangandaran Air Show 2023 menghadirkan berbagai kelompok penerbang professional dan hobi, serta mengundang banyak pejabat, duta besar, CEO dan orang-orang penting lainnya.

Baca juga:  Cabor Berkuda Pacu di Porprov XIV Jabar, Pangandaran Raih 2 Medali Emas dan 3 Perunggu

Kelompok-kelompok penerbang hobi turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Seperti Indonesia Flying Club, Jogja Flying Club, Bandung Flying Club, Proflight, Bandung Aero Club, serta beberapa lembaga seperti Basarnas dan TNI AU.

Beberapa duta besar negara sahabat juga turut hadir. Seperti Dubes Maroko H.E. Mr. Ouadia Benabdellah; Dubes United Emirates Arab H.E. Abdulla Salem Obaid Al Dhaheri; Dubes Bahrain H.E. Ahmed Abdullah Al-Hajri.

Kemudian, Wakil Dubes Australia H.E. Stephen Bernard Scott; Wakil Dubes Malaysia Adlan Mohd Shaffieq; dan Dubes Venezuela H.E. Radamez Gomez.

Adapun pejabat yang hadir pada kegiatan tersebut yakni, PJ Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin; Kapolda Jawa Barat Irjen. Pol. Dr. Akhmad Wiyagus beserta jajaran; Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan pejabat di lingkup Pemkab.

Kapolres Pangandaran AKBP Imara Utama beserta jajaran; Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis; Pangdam III Siliwangi; perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Susi Air juga turut mengundang para pimpinan perusahaan rekan. Seperti CEO Louis Dreyfus Armature, CEO Pacific High, CEO Mazars dan CEO Trigana Rubijanto Adisarwono yang hadir bersama para captain dari Genesa Flying School.

Baca juga:  Pelayanan Prima Melalui 5S Jadi Upaya RSUD Pandega Agar Pasien Nyaman Berobat

Turut hadir pula jajaran komisaris Susi Air, VISI Law Office dan pimpinan Pandu Laut Nusantara. Klub motor Pilotos dan Sengkuni Motor Clubs turut meramaikan perhelatan tahunan ini.

Pangandaran Air Show 2023 dibuka secara resmi oleh Susi Pudjiastuti, yang merupakan pendiri sekaligus Direktur Utama Susi Air. Disusul dengan kegiatan beach clean-up bersama Pandu Laut Nusantara dan pameran pesawat yang dibuka untuk seluruh masyarakat Pangandaran.

Pemkab Pangandaran dan Pemprov Jabar Apresiasi Festival Kedirgantaraan

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif Susi Pudjiastuti yang turut meramaikan HUT ke-11 Kabupaten Pangandaran dengan menggelar Festival Kedirgantaraan tersebut.

Sementara itu, PJ Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin pun mengapresiasi usaha Susi Air untuk menggenjot pariwisata di Jawa Barat dengan mengadakan event yang mendatangkan banyak orang dari berbagai negara.

Di tempat yang sama, Susi Pudjiastuti mengaku, kecintaan dirinya terhadap dirgantara telah tertanam sejak kecil. Di mana, hidupnya didedikasikan untuk kedirgantaraan di samping kelautan yang selama ini menjadi citra dirinya yang pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI periode 2014-2019.

Baca juga:  Pantai Madasari, Destinasi Wisata Alam dan Sejarah di Pangandaran

Pasca pembukaan, Susi bersama pimpinan Pandu Laut Nusantara menerima secara simbolis hibah dari BNI berupa satu buah ambulance kepada Pandu Laut Nusantara dan meresmikan kegiatan beach clean-up.

Masyakarat Antusias

Ribuan masyarakat turut berkumpul di sekitar area Beach Strip. Mereka sangat antusias menunggu giliran untuk melihat pameran pesawat dan helikopter yang dibawa oleh para partisipan ke Pangandaran. Warga bergantian masuk area dan asik berswafoto.

Acara ini menjadi hiburan besar bagi warga Pangandaran yang banyak dikenal sebagai kota lahirnya Susi Air. Masyarakat berharap kegiatan ini bisa dilakukan setiap tahun.

Melalui kegiatan Pangandaran Air Show, Susi Air berharap para penggemar penerbangan memiliki momentum untuk berkumpul dan bersilaturahmi, serta memberikan hiburan bagi masyarakat dan turis di Pangandaran.