Pangandaran Raih Juara II pada Ajang Pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2023

Perwakilan Pangandaran yang mengikuti ajang pemilihan Duta Baca Jawa Barat tahun 2023. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Kabupaten Pangandaran meraih prestasi pada ajang pemilihan Duta Baca Jawa Barat tahun 2023.

Peserta utusan Pangandaran, Muhammad Wildan Nursaputra meraih juara dua pada ajang yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat ini.

Ketua Paguyuban Duta Baca Pangandaran Aldi Nur Fadillah mengatakan, pemilihan duta baca tingkat provinsi ini diikuti oleh 26 kabupaten/kota di Jawa Barat. Hanya satu yang absen dari Kota Cirebon.

Menurutnya, perwakilan dari Kabupaten Pangandaran sendiri, Wildan (putra) dan Sipa (putri) telah memberikan yang terbaik dalam setiap tahapannya.

“Mereka merupakan juara pada pemilihan Duta Baca Pangandaran yang meraih prestasi di tingkat provinsi,” kata Aldi, Selasa 14 Maret 2023.

Baca juga:  Pan Asia Hash 2022, Ajang Promosi Wisata Pangandaran

Aldi menuturkan, para peserta perwakilan dari setiap daerah melaksanakan tahapan seleksi administrasi, tes tulis wawasan umum dan tentang perpustakaan. Serta wawancara terbuka terkait pengembangan diri.

“Perwakilan dari Pangandaran masuk 30 besar di Jawa Barat, kemudian diseleksi sampai 6 besar dan hanya masuk satu kandidat, yakni Muhammad Wildan Nursaputra. Sedangkan Sipa (putri) hanya masuk sampai 20 besar saja,” tuturnya.

Aldi menyebutkan, atas prestasi yang diraih tersebut menjadikan Kabupaten Pangandaran tiga kali berturut-turut mendapatkan juara di tingkat Jawa Barat.

Kendati demikian, kata Aldi, mereka punya tugas penting dalam satu tahun ke depan dalam meningkatkan kegemaran membaca di tengah masyarakat.

“Mereka masih punya tugas penting di Kabupaten Pangandaran, yaitu bermitra dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di daerah,” sebutnya.

Baca juga:  Pangandaran Masih Kekurangan Guru ASN

Aldi menyampaikan, terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendoakan kelancaran dalam mengikuti ajang pemilihan Duta Baca Jawa Barat terhadap perwakilan Pangandaran.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah Pangandaran yang telah mensupport dalam setiap program dan kegiatan ini,” ucapnya.

Berikut Daftar Juara Pemenang Duta Baca Jawa Barat tahun 2023:

Juara 1

• Miftah Fadhilah asal Kabupaten
Ciami
• Aminatus Sholihah asal Kabupaten Cirebon

Juara 2

• Muhammad Wildan Nursaputra asal Kabupaten Pangandaran
• Putri Vika Oktaviani asal Kabupaten Indramayu

Juara 3

• Rafly Muhammad Fasha asal Kabupaten Sumedang
• Syifa Susilawati asal Kabupaten Garut