Pangandaran Terima Penghargaan Universal Health Coverage Award 2023

Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan menerima penghargaan Universal Health Coverage Award 2023 yang diberikan langsung oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran, Jawa Barat, menerima penghargaan Universal Health Coverage atau UHC Award 2023 di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa 14 Maret 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian kepada Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan.

Penerimaan penghargaan tersebut atas tercapainya cakupan Universal Health Coverage sebesar 96,70%. Atau sebanyak 418.820 warga Pangandaran resmi terdaftar sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, alasan Pemkab mendorong UHC karena kesehatan merupakan fundamental. Dan hal yang strategis dan prinsip bagi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan.

“Capaian ini juga termasuk dalam janji pada saat kampanye untuk mempermudah akses pendidikan dan kesehatan. Maka UHC ini adalah langkah strategisnya yang dilakukan oleh pemerintah daerah,” kata Jeje.

Baca juga:  Soal Portofolio Pinjaman, Ketua DPRD Pangandaran Sebut Masih Tahap Usulan

Cukup Tunjukkan Kartu BPJS Kesehatan

Menurutnya, sekitar 96.70% atau mendekati 97% penduduk di Kabupaten Pangandaran yang sudah mendapatkan perlindungan kesehatan.

“Maka warga Pangandaran sudah tidak sulit atau pusing lagi kalau berobat ke puskesmas maupun rumah sakit. Cukup tunjukkan kartu BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, kata Jeje, sekitar 3% warga Pangandaran yang belum mendapatkan perlindungan dari JKN-KIS masih bisa untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Baik itu ke puskesmas maupun rumah sakit.

“Nanti bisa menggunakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa. Tapi nantinya akan diarahkan oleh petugas pelayanan untuk mendaftar menjadi peserta BPJS,” ucapnya.

Jeje menyebutkan, saat ini Pemkab Pangandaran tengah melakukan peningkatan kualitas pelayanan, kemampuan dokter dan dokter spesialis serta perawat.

Baca juga:  Bupati Jeje Hadiri Milangkala Paguyuban Pemandu Hotel dan Penginapan Wisata Pangandaran

“Upaya ini diambil dari pengalaman pribadi saat berobat di Singapura. Di mana, dokter selalu meningkatkan kapasitasnya dengan mengikuti pelatihan kesehatan di mana-mana,” sebutnya.

Sekedar untuk diketahui, ada 13 kabupaten/kota di Jawa Barat yang menerima penghargaan UHC Award 2023 di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa 14 Maret 2023.

Berikut adalah urutannya; Kabupaten Bekasi, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Sukabumi. Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Sukabumi dan Kota Tasikmalaya.