PDI Perjuangan Peringati HUT ke 50 dengan Menanam Mangrove di Tanjung Cemara Pangandaran

PDI Perjuangan peringati HUT ke 50 dengan menanam bibit pohon mangrove di Tanjung Cemara Pangandaran. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Kader PDI Perjuangan memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-50 dengan melakukan penanaman bibit pohon mangrove dan cemara di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Penanaman ribuan bibit mangrove dan cemara itu dilakukan oleh kader PDI Perjuangan Pangandaran di kawasan objek wisata Tanjung Cemara Karangtirta, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Minggu 15 Januari 2023.

Ketua DPC PDI Perjuangan Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, selain menanam 2.500 bibit mangrove dan 500 bibit pohon cemara, pihaknya pun melakukan bersih-bersih sungai di wilayah setempat.

“Mangrove ini ditanam karena memiliki berbagai fungsi dan manfaat. Bisa menahan abrasi dan menahan kecepatan angin, karena memiliki akar yang kuat serta fungsi penghijauan yang dapat meningkatkan oksigen,” kata Jeje.

Baca juga:  Jeje Wiradinata Jadi Idola DPD PDI Perjuangan Jawa Barat

Terlebih, kata Jeje, keberadaan Tanjung Cemara Karangtirta yang diapit oleh muara dan pantai ini bisa ditumbuhi oleh pohon bakau atau mangrove untuk pengembangbiakan ikan.

“Sehingga bisa memberikan korelasi yang positif dalam menjaga kesuburan dan ketahanan perairan dari abrasi di lokasi ini,” ujarnya.

Jeje menyebutkan, Tanjung Cemara Karangtirta ini memiliki lahan seluas 22 hektare yang akan dilintasi oleh jalur pesisir Pantai Pangandaran-Pantai Mandasari, Cimerak.

Menurutnya, hingga saat ini sudah banyak investor yang menanyakan kepada dirinya soal tanah di Tanjung Cemara Karangtirta. Seiring dengan adanya pembangunan jalur pesisir pantai.

“Tapi saya (sebagai Bupati Pangandaran, red) belum memberikan jawaban. Saya ingin daerah Tanjung Cemara Karangtirta menjadi kawasan green belt atau jalur hijau,” sebutnya.

Baca juga:  Pembangunan Pantai Madasari Tunggu Feasibility Study