Peduli Koperasi, HMI Pangandaran akan Gelar Seminar Digitalisasi di Gedung DPRD

koperasi
Ketua Pelaksana Kegiatan Seminar Digitalisasi Koperasi Acep Rifki Fadilah.

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Sebagai bentuk kepedulian terhadap koperasi, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Pangandaran akan mengadakan Seminar Digitalisasi Koperasi secara gratis.

Pelaksanaannya bakal digelar pada Senin (30/5/2022) jam 09.00 WIB di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pangandaran.

Ketua Pelaksana Kegiatan Seminar Digitalisasi Koperasi Acep Rifki Fadilah mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk implementasi peran fungsi mahasiswa sebagai agen perubahan dan kontrol sosial.

“Untuk peserta seminar kami menyasar Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan Usaha Simpan Pinjam (USP). Acara ini diselenggarakan secara gratis tanpa dipungut biaya,” kata Acep, Minggu (29/5/2022).

Acep menuturkan, koperasi merupakan soko guru ekonomi dengan dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian.

Baca juga:  Begini Cara Melapor Dugaan Pungli Lewat Online di Pangandaran

Kemudian, pola perekonomian yang dibangun oleh koperasi diwujudkan dan dikembangkan melalui usaha bersama atas asas kekeluargaan, gotong royong dan demokrasi ekonomi.

“Kondisi saat ini, prinsip dan asas koperasi mulai luntur dan seakan eksistensi koperasi itu sendiri mulai tenggelam,” tuturnya.

Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pangandaran mencatat 211 koperasi. Namun yang aktif melakukan RAT (Rapat Anggota Tahunan) hanya tercatat 83 koperasi saja.

“Sebagai bentuk kepedulian HMI terhadap koperasi dan perekonomian masyarakat, merasa perlu adanya pencerahan dan wawasan digitalisasi koperasi,” ujarnya.

Acep menyebutkan, digitalisasi koperasi merupakan upaya untuk mengubah manajemen koperasi menjadi digital.

“Kami berharap pengembangan melalui digital ini mampu membuat koperasi bergerak dinamis, adaptif dengan perkembangan zaman dan mampu mempercepat gerak bisnis,” sebutnya.

Baca juga:  Jembatan Cikidang di Pangandaran Diresmikan Gubernur Jabar

Penulis/Editor: SMF/R002