Pemkab Pangandaran Lobi Maskapai Citilink Minta Buka Rute Penerbangan ke Bandara Nusawiru

Sekda Pangandaran Kusdiana. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Pemkab Pangandaran, Jawa Barat, melobi maskapai Citilink untuk membuka rute penerbangan ke Bandara Nusawiru di wilayah Kecamatan Cijulang.

Sekretaris Daerah atau Sekda Pangandaran Kusdiana mengatakan, pihaknya sempat melakukan pertemuan dengan maskapai Citilink bersama dengan Pemkot Tasikmalaya beberapa waktu lalu.

“Soal pembukaan rute penerbangan, kami sudah mengajukan proposal ke pihak Citilink. Kami ingin ada rute Bandung-Pangandaran, Yogyakarta-Pangandaran dan Bali-Pangandaran di Bandara Nusawiru,” kata Kusdiana, Kamis 22 Juni 2023.

Menurutnya, maskapai penerbangan bertarif rendah dan anak perusahaan Garuda Indonesia ini pun tengah membuka penerbangan Perth (Australia)-Bali dan Malaysia-Bali. Terlebih, jika ada akses ke Pangandaran akan lebih baik.

“Sekarang pihak Citilink sedang menghitung proses bisnis untuk membuka penerbangan ke Bandara Nusawiru. Kalau Bandung direct langsung ke Pangandaran seperti apa, terus dari Bali dan Yogyakarta seperti apa,” ujarnya.

Baca juga:  Musda III DPD PPNI Pangandaran, Bupati Jeje Minta Perawat Tingkatkan Profesionalisme

Secara teknis, kata Kusdiana, penerbangan dengan jumlah 60 kursi bisa dilakukan ke Pangandaran. Hanya soal perhitungannya saja, ada subsidi dari Pemkab berapa, atau istilahnya block seat. Dan simulasinya akan seperti apa.

“Kami belum bisa memastikan deal atau tidaknya antara maskapai penerbangan Citilink dengan Pemkab Pangandaran. Karena Badan Usaha Milik Negara atau BUMN (Citilink), maka perlu birokrasi yang baik,” tuturnya.

Sementara itu, kata Kusdiana, ke maskapai penerbangan lain seperti Susi Air pun meminta block seat. Nilainya sampai miliaran, namun jika sudah block seat oleh Pemkab, bisa dijual kemana saja.

Di sisi lain, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan, pihaknya sempat melobi maskapai penerbangan Lion Air. Belum lama ini pun melobi Citilink.

Baca juga:  Transparansi Program dan Kegiatan, Bupati Pangandaran Gelar Ekspose APBD

“Kalau dengan konsep yang ditawarkan kami ikut saja. Ada tiga rute yang ditawarkan ke pihak Citilink. Tapi kalau kami inginnya Yogyakarta dan Bandung,” sebutnya.