Penerbangan Komersial Kertajati-Nusawiru Bisa Tingkatkan Perekonomian Pangandaran

Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin.

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Penerbangan pesawat komersial dari Bandara Kertajati Majalengka ke Bandara Nusawiru dinilai bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Rencana membuka penerbangan baru ke Nusawiru diapresiasi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran.

Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin mengatakan, membuka penerbangan baru dari Kertajati ke Nusawiru merupakan langkah strategi pemerintah yang sangat baik.

Menurutnya, strategi dalam pengembangan suatu daerah destinasi wisata ada tiga, yakni ada atraksi, amenitas dan aksesibilitas.

“Maka dalam hal ini pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) memiliki sudut pandang yang sama dengan membangun aksesibilitas,” kata Asep, Minggu 27 Agustus 2023.

Baca juga:  Bale Adhyaksa Kejari Ciamis Diresmikan, Pemkab Pangandaran Hibahkan Tanah 5 Hektare

Asep menuturkan, bukan hanya akses darat, tetapi juga membangun akses udara seperti membuka penerbangan dari Kertajati ke Nusawiru itu untuk memudahkan wisatawan datang ke Pangandaran

Akan tetapi, pihaknya juga berharap ke depan ada penerbangan dengan rute Bali dan Yogyakarta, Kertajati dan Jakarta ke Nusawiru Pangandaran.

“Saya kira dengan membuka penerbangan skala nasional saja, pariwisata Pangandaran akan terangkat dengan baik,” tuturnya.

Seiring dengan perkembangan aksesibilitas ke Pangandaran, Asep juga berharap adanya penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai syarat mutlak pengembangan daerah pariwisata.

“Ada sekitar 4 hingga 5 juta jumlah kunjungan wisata ke Pangandaran yang mayoritas pengunjung yang sama. Sehingga ingin menarik mereka dengan jumlah yang banyak, salah satunya dengan event atraksi yang berskala nasional,” ujarnya.

Baca juga:  Warga Diminta Melapor Jika Ada Peredaran Narkoba di Pangandaran

Dongkrak Ekonomi Warga

Asep menyebutkan, bukan hanya event atraksi berupa hiburan atau olahraga. Namun bagaimana pemerintah daerah bisa mendorong kegiatan atau event government atau pemerintah yang lingkupnya nasional bisa dilaksanakan di Pangandaran.

“Misalnya kegiatan forum pemerintah daerah atau nasional bisa dilaksanakan di Pangandaran. Kebayang kan, ada berapa ribu orang yang datang ke Pangandaran dalam waktu yang bersamaan yang hadir dalam kegiatan tersebut. Saya kira itu akan mendongkrak ekonomi masyarakat,” sebutnya.