Peringati Hari Anak Nasional, RSUD Pandega Pangandaran Gelar Edukasi Kesehatan

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – RSUD Pandega Pangandaran menggelar edukasi kesehatan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli.

Edukasi kesehatan dilaksanakan bersama dokter spesialis anak dengan mengusung tema ‘Cegah Penyakit pada Anak’.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang tunggu poliklinik rawat jalan Gedung A lantai 3 RSUD Pandega Pangandaran. Dihadiri oleh peserta sebanyak 100 orang.

Direktrur RSUD Pandega Pangandaran Dr. dr. Hj Titi Sutiamah MM mengatakan, edukasi yang biasa dilakukan rutin ini dilaksanakan bersamaan dengan momen Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli.

dr. Ade Habibi, Sp. A., M.Biomed selaku pemberi materi menjelaskan dalam paparannya mengenai kesehatan bayi dan balita serta pencegahan penyakit pada anak.

Baca juga:  Pilkades Serentak di Pangandaran Selesai, Ini Daftar Pemenang Suara Terbanyak

“Pemeriksaan kesehatan anak, apalagi bayi baru lahir itu sangat penting. Supaya kita sebagai orang tua bisa mengetahui sedini mungkin adanya kelainan atau sakit pada bayi. Karena risiko kematian bayi terbesar diketahui terjadi pada 24 jam pertama kelahirannya,” kata Ade.

Kenali Gejala Penyakit pada Bayi yang Baru Lahir

Ade menuturkan, gejala sakit pada bayi yang baru lahir memang sulit dikenali, namun dengan mengetahui tanda bahaya, bayi akan cepat mendapat pertolongan pertama, sehingga dapat mencegah kematian.

“Seringnya penyakit yang menyerang bayi atau anak-anak itu seperti sepsis atau infeksi, demam, asfiksia atau kesulitan bernafas, diare, campak dan demam berdarah,” tuturnya.

Ade menjelaskan, orang tua jangan sampai lengah jika sudah ada tanda seperti malas menyusu, demam, kejang, bayi kuning, sampai ke tali pusat kemerahan atau tanda sakit lainnya segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Baca juga:  Targetkan Swasti Saba Wiwerda, Pangandaran Genjot Desa Bebas ODF

“Kami mengimbau agar orang tua menghindari hal-hal seperti asap dapur atau asap rokok, orang sakit, ramuan yang digunakan pada tali pusat dan jangan pernah mengobati sendiri bila bayi sakit,” jelasnya.

Tak hanya itu, dari hal kecil seperti mencuci tangan sebelum mengasuh bayi pun harus dibiasakan. Kebersihan diri dan sekitar juga harus dijaga agar tidak ada yang terkena penyakit, baik itu bayi ataupun orang tuanya.

“Kalau ada keluhan sakit pada anak maka bisa diperiksakan langsung ke Klinik Anak RSUD
Pandega Pangandaran yang buka setiap hari Senin sampai Sabtu,” sebutnya.