Peringati Hari Lansia, RSUD Pandega Pangandaran Gelar Edukasi Perawatan Kulit

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – RSUD Pandega Pangandaran menggelar edukasi bersama dokter spesialis kulit dan kelamin. Kegiatan dilakukan dalam rangka peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Mei.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang tunggu poliklinik rawat jalan lantai 3 RSUD Pandega itu mengusung tema ‘Perawatan Kulit pada Lansia’ yang dihadiri peserta kurang lebih 100 orang.

Direktur RSUD Pandega Pangandaran Dr. dr. Hj. Titi Sutiamah, M.M mengatakan, edukasi ini merupakan program rutin dari tim promosi kesehatan rumah sakit setiap minggunya.

Menurutnya, edukasi ini diberikan secara gratis kepada pengunjung, baik secara langsung maupun tidak langsung. Karena kegiatan ini pun disiarkan online di akun instagram resmi milik RSUD Pandega Pangandaran.

Baca juga:  PDI Perjuangan Pangandaran Gelar Lomba Inovasi Berbasis Pangan Lokal

“Jadi pengunjung yang sedang tidak ada jadwal kontrol ke rumah sakit masih bisa mengikuti kegiatan edukasi ini,” kata Titi.

Cara Perawatan Kulit Bagi Lansia

Sementara itu, Pembicara sekaligus Pemberi Materi dr. Gilang Dwipangestu, Sp.DV memaparkan mengenai bagaimana cara perawatan kulit bagi lansia hingga mitos dan fakta soal kesehatan kulit yang sering beredar di masyarakat.

“Sebaiknya para lansia ini menggunakan pelembab kulit secara teratur dengan sabun pelembab seperti sabun bayi. Dan hindari sambun yang mengandung antiseptik untuk penggunaan sehari-hari,” kata Gilang.

Selain itu, hindari pula penggunaan bahan iritan seperti balsem, daun-daunan herbal, cairan dan minyak pada kulit yang terasa panas, gatal atau perih pada kulit.

Baca juga:  Satpol PP Pangandaran Tertibkan Alat Peraga Sosialisasi Sepanjang Jalan Protokol

“Kalau mandi silakan menggunakan air biasa dan tidak terlalu panas, cukup 10 menit saja, jangan sampai mendidih. Kemudian penting juga menggunakan tabir surya, 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan,” terangnya.

Terlebih, kata Gilang, baik anak-anak maupun dewasa disarankan menggunakan tabir surya dan hindari paparan matahari pada jam 11.00 sampai 15.00 WIB.

Gilang menambahkan, mistos fakta bahwa telur, daging dan ikan tidak menyebabkan gatal. Justru ketiganya merupakan sumber protein yang berfungsi mengganti sel yang rusak pada kulit.

“Bensin, solar dan air panas juga tidak bisa mengobati gatal pada kulit. Ketiganya ini justru bisa memperberat gejala, mengiritasi kulit dan membuat kulit bertambah kering,” tambahnya.

Baca juga:  1.669 Guru Madrasah, Jadi Pondasi Generasi Muda Pangandaran

Sebagai informasi, dokter spesialis kulit dan kelamin di RSUD Pandega Pangandaran ini buka setiap hari Senin sampai Jumat.