Peringati Hari Sungai Nasional 2023, Ini yang Dilakukan Warga Pangandaran

Warga sedang melakukan susur dan bersih-bersih di sungai anak Citanduy.

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Ratusan warga yang tergabung dari komunitas dan organisasi masyarakat melakukan susur dan bersih-bersih sungai dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional 2023.

Aksi bersih-bersih tersebut dilakukan di sungai anak Citanduy, tepatnya di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis 27 Juli 2023.

Mereka melakukan bersih-bersih sungai sejauh 500 meter. Seluruh sampah baik itu anorganik dan organik dibersihkan dengan cara dipungut pakai tangan kosong dan dimasukkan ke kantong plastik.

Pelaksanaan kegiatan tersebut diinisiasi oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy dan sejumlah Porkopimda wilayah Kabupaten Pangandaran.

Kepala BBWS Citanduy Hendra Ahyadi mengatakan, sampah yang dibersihkan dari sungai itu baru sekitar 500 meter. Sampah yang sudah terkumpul akan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada di Ciganjeng.

Baca juga:  Harga Telur dan Daging Ayam di Pangandaran Diprediksi Naik saat Nataru

“Dengan adanya kegiatan susur dan bersih-bersih sungai ini diharapkan menjadi sebuah trigger untuk semua elemen masyarakat. Yang paling penting, kita dorong warga untuk bisa bergerak bersama-sama,” kata Hendra.

Menurutnya, berdasarkan pengalamannya di provinsi lain bahwa sampah itu bisa dibuat menjadi komoditi. Seperti dibentuknya bank sampah yang akhirnya sampah itu bisa dipilah dan dijual atau dibeli.

Tentang Hari Sungai Nasional 27 Juli

Hari Sungai Nasional diperingati setiap tanggal 27 Juli. Menurut situs Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Hari Sungai Nasional sebagai bentuk upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan. Terutama dengan keadaan sungai bersih yg merupakan kebutuhan bagi semua makhluk hidup.

Baca juga:  Kurangnya Fasilitas Olahraga di Pangandaran Pengaruhi Prestasi Atlet

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38/2011 tentang Sungai. Apa yang dimaksud dengan sungai adalah alur atau wadah air alami dan/atau buatan berupa jaringan pengaliran air beserta air di dalamnya. Mulai dari hulu sampai muara dengan dibatasi kanan dan kiri oleh garis sempadan.

Dalam rangka memberikan motivasi kepada masyarakat agar peduli terhadap sungai, tanggal ditetapkannya Peraturan Pemerintah ini ditetapkan sebagai Hari Sungai Nasional. Hal ini tertuang dalam Pasal 74 PP Nomor 38/2011 tentang Sungai.

Perbedaan Hari Sungai Nasional dan Sedunia

Tak hanya sebagai salah satu peringatan hari penting nasional, peringatan Hari Sungai juga ada yang diperingati secara internasional di seluruh dunia, yaitu Hari Sungai Sedunia atau World Rivers Day. Hari Sungai Sedunia Ini diperingati pada 23 September.

Baca juga:  Pangandaran Diserang Wabah PMK, Dinas Pertanian Sebar Petugas di Setiap Kecamatan

Berbeda dengan Hari Sungai Nasional, menurut situs National Today, Hari Sungai Sedunia pertama dirayakan pada tahun 2005 dan semua aktivis perubahan iklim menunjukkan solidaritas mereka dengan menyelenggarakan acara Hari Sungai Sedunia pertama.