Prabowo Subianto Bagikan 10 Perahu ke Nelayan Pangandaran

Prabowo Subianto dan Susi Pudjiastuti menikmati keindahan laut Pangandaran menggunakan perahu yang diberikan kepada nelayan. ist

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia Prabowo Subianto membagikan 10 kapal (perahu) dan mesinnya kepada nelayan Pangandaran.

Rabu 11 Oktober 2023, kedatangan Prabowo merupakan yang kedua kalinya menginjakkan kakinya di Kabupaten Pangandaran , Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Prabowo didampingi Ketua Umum Pandu Laut Nusantara yang juga Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Mereka bersama-sama menyerahkan kapal itu di pesisir pantai, tepatnya di kawasan Gedung Aquarium Piamari Pangandaran.

“Seluruh masyarakat Pangandaran mendoakan Pak Prabowo sehat dan kembali lagi ke Pangandaran. Kita sambut Pak Prabowo dengan gembira,” kata Susi.

Prabowo pun nampak tersenyum dengan sapaan salam menggunakan bahasa Sunda, ‘Sampurasun’.

“Terimakasih atas sambutan yang meriah ini. Setiap saya datang, saya melihat ada suatu semangat kepedulian yang besar terhadap menjaga lingkungan, pantai, laut,” kata Prabowo.

Baca juga:  Kecelakaan di Pangandaran, Skuteris asal Bandung Tewas di Tempat

“Dan ini sangat-sangat perlu dihormati dan dibanggakan karena kita tahu bahwa alam ini adalah karunia dari yang maha kuasa,” ucapnya.

Sebelumnya, pada 17 Juli 2023, Prabowo sempat berkunjung ke Pangandaran menemui para nelayan yang juga didampingi Susi Pudjiastuti.

Saat itu, sejumlah bantuan berupa 20 mesin kapal (perahu) diberikan untuk para nelayan. Tak hanya itu, mereka pun melepaskan ratusan tukik di pesisir Pantai Pangandaran dengan para komunitas.

Terima Perahu dari Prabowo, Nelayan Pangandaran: Seperti Mimpi

Raut bahagia tergambar di wajah Sutarto dan Yusuf. Kedua nelayan di Pantai Pangandaran ini mendapatkan bantuan kapal motor yang diberikan langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto.

“Saya sudah lama jadi nelayan kurang lebih 20 tahun. Alhamdulillah hari ini dapat bantuan yang sangat bagus mesin dan perahunya, masih baru. Saya berterimakasih sekali sama Pak Prabowo,” kata Sutarto, nelayan asal Putrapinggan.

Baca juga:  Kebutuhan Pupuk Subsidi di Pangandaran Menurun

Dengan bantuan ini, Sutarto berharap bisa menopang kehidupan keluarganya. Karena selama ini ia melaut hanya menumpang dengan kapal motor atau perahu milik orang lain.

“Semoga ini bermanfaat buat saya untuk mencari ikan setiap hari. Ini jadi modal hidup saya, anak-anak dan istri saya. Karena selama ini kan sering melaut menggunakan perahu orang lain. sekarang punya sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, Yusuf yang juga mendapatkan bantuan perahu dari Prabowo ini mengaku seperti mimpi.

“Bayangkan saya sudah 25 tahun melaut dan sekarang dapat perahu gratis, dibilang seperti apa ya, seperti mimpi,” kata Yusuf.

Yusuf bercerita, bahwa kendala saat melaut itu memang beragam, terutama mengenai cuaca. Terkadang tali dan layarnya bisa terlepas.

Baca juga:  Eyang Jagasatru Cijulang, Orang Sakti Penjaga Pantai Batukaras

“Tentu kita butuh kapal (perahu) yang bagus. Perahu dari Pak Prabowo ini bagus, selama ini yang perhatian dengan kami itu jarang, baru Pak Prabowo saja,” ucap Yusuf.

Mereka pun berdoa, semoga dengan bantuan yang diberikan Menhan ini menjadi salah satu jalan untuk memuluskan langkah Prabowo menjadi pemimpin. Terutama komitmennya dalam memperbaiki kehidupan nelayan.

“Ke depan mudah-mudahan Pak Prabowo jadi pemimpin, jadi presiden. Sukses selalu dalam kegiatannya. Kami nelayan Pangandaran bahagia dengan bantuan ini, sangat berharap Pak Prabowo konsisten membantu nelayan kecil,” kata Yusuf.