Tingkatkan Kualitas Pelayanan, RSUD Pandega Pangandaran Miliki Fasilitas Fisioterapi Unggulan

BERITA PANGANDARAN.ruber.id – Fisioterapi di RSUD Pandega Pangandaran terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pasien. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas pelayanan di rumah sakit.

Fisioterapis di RSUD Pandega Pangandaran Iwan Kartiwan mengatakan, Fisioterapi memiliki ketersediaan sarana dan fasilitas yang mendukung serta memadai. Kemudian, ditunjang dengan tenaga dan Sumber Daya (SDM) yang profesional dan terlatih.

RSUD Pandega sendiri, kata Iwan, memiliki beberapa fasilitas fisioterapi unggulan. Di antaranya, Super Inductive System (SIS), Light Amplification of Stimulated of Radiation (Laser) dan Extracorporeal Shock Wave Therapy.

“Super Inductive System atau SIS ini dapat membantu mengurangi rasa sakit, keluhan pada sendi dan merileksasi otot. Kalau Laser sendiri bisa membantu mempercepat regenerasi sel dan mengurangi peradangan,” kata Iwan, Senin 29 Mei 2023.

Baca juga:  Dana Bagi Hasil untuk Desa di Pangandaran Ini Tak Kunjung Cair, Nilainya Miliaran

Sedangkan Extracorporeal Shock Wave Therapy, membantu masalah nyeri pada otot, ligamen dan sendi. Serta membantu memulihkan pasca cidera olahraga dan aktivitas fisik lainnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Pandega Pangandaran Dr. dr. Hj. Titi Sutiamah, M.M menyampaikan, pelayanan Fisioterapi ini akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan di rumah sakit.

“Saat ini kami juga masih berupaya agar ada dokter spesialis Rehabilitasi Medik yang mau bergabung dengan RSUD Pandega. Meski belum ada, pelayanan fisioterapi tetap berjalan. Karena kami memiliki tenaga fisioterapis yang profesional di bidangnya,” terangnya.

Titi menambahkan, Fisioterapi sendiri merupakan bentuk pelayanan rehabilitasi untuk menghindari atau meminimalisasi keterbatasan fisik akibat cedera atau penyakit. Layanan fisioterapi ini berlaku untuk semua rentang usia.

Baca juga:  Dinas di Pangandaran Ini Gelar Pangan Murah

“Jadi tidak hanya lansia (lanjut usia), usia produktif bahkan anak-anak pun bisa. Layanannya buka setiap hari Senin sampai Sabtu. Pasien dapat datang langsung dan melakukan pendaftaran sesuai jam pendaftaran yang berlaku di rumah sakit,” ucapnya.