Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Pangandaran Dimulai Tahun Depan

vaksinasi anak
Vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Pangandaran dimulai tahun depan. ist/net

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, tengah melakukan pendataan untuk vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun.

Sekretaris Dinas Kesehatan Pangandaran Yadi Sukmayadi mengatakan, pihaknya merencanakan vaksinasi bagi anak di daerah akan dimulai tahun depan.

“Kami sedang mengumpulkan data, mempersiapkan sarana dan prasarana. Kami juga terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Kemenag dan Dinas Sosiall,” kata Yadi, Rabu (22/12/2021).

Berdasarkan surat keputusan Kemenkes, Kabupaten Pangandaran sebenarnya bukan menjadi salah satu daerah yang sudah bisa memulai pelaksanaan vaksinasi anak.

“Dalam surat itu baru ada 9 daerah di Jawa Barat yang sudah bisa memulai vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Pangandaran tidak termasuk,” ujarnya.

Baca juga:  Fashion Show Busana Muslim Meriahkan HUT ke 4 RSUD Pandega Pangandaran

Adapun 9 daerah yang sudah boleh melaksanakan vaksinasi di Jawa Barat adalah, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Ciamis.

Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Cimahi dan Kota Depok.

Di wilayah Priangan Timur, baru Kota Banjar yang telah mulai melaksanakan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun.

Padahal, kata Yadi, cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pangandaran telah melebihi syarat untuk memulai pelaksanaan vaksinasi kepada anak.

Di antaranya adalah daerah yang cakupan vaksinasi dosis pertamanya 70% secara umum. Kemudian lansianya 60%.

“Kalau melihat dari kriteria itu kita sudah boleh mulai melaksanakan vaksinasi anak. Tapi kita juga tidak tahu, kenapa Pangandaran tidak masuk pada 9 daerah itu,” tuturnya.

Baca juga:  Penerima Bantuan Sosial Tunai di Pangandaran Harus Ketahui Ini

Disdik Pangandaran Dukung Program Vaksinasi Anak

Sementara, Kabid Pendidikan Dasar di Disdikpora Pangandaran Dodi Djubardi mendukung program vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun.

Dengan begitu, nantinya pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Pangandaran dapat lebih terjamin.

“Seluruh SD sudah kami minta untuk mendata peserta didik yang usia 6-11 tahun. Nanti data itu diserahkan ke Dinas Kesehatan untuk mempersiapkan jumlah vaksin yang dibutuhkan. Paling sekitar 30 ribu anak,” sebutnya

Dodi menilai, pelaksanaan vaksinasi kepada peserta didik di Kabupaten Pangandaran sudah berjalan baik.

“Meski masih ada satu atau dua orang tua yang tak ingin anaknya divaksin. Tapi anak usia 12-17 tahun mayoritas sudah divaksin,” ucapnya.

Baca juga:  Jalan Lintas Pesisir Rampung, Pangandaran Tawarkan Tiket Terusan Wisata Pantai

Data Vaksinasi di Kabupaten Pangandaran per 20 Desember

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Pangandaran per 20 Desember, dari total 39.009 remaja yang menjadi sasaran, sebanyak 35.078 orang atau 89,9% sudah menjalani vaksinasi dosis pertama.

Sementara untuk vaksinasi dosis kedua sudah dilakukan kepada 28.471 remaja atau 73%.

Secara umum, cakupan vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Pangandaran telah mencapai 78,3% atau 269.342 orang dari sasaran sebanyak 344.196 orang. Untuk cakupan dosis kedua telah mencapai 60,6% atau 208.487 orang.

Kemudian, cakupan vaksinasi di kalangan lansia dosis pertama telah mencapai 80,5% atau 39.634 orang dari total sasaran 48.226 orang. Dosis keduanya m mencapai 60% atau 29.541 orang.

Editor: R002